UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK DAN LAGU

Kamtini (2015) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK DAN LAGU. JURNAL USIA DINI, 1 (2). pp. 58-70. ISSN 2502-7239; 2301-914X

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di PAUD Ananda Medan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas T.A 2014/2015. Subjek Penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 25 orang ( 14 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan ). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Hasil analisis data setelah diberikan tindakan 1 yaitu melalui gerak dan lagu adalah terdapat 4 orang anak (16%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 10 orang anak (40%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan 11 orang anak (44%) yang memiliki kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus I kecerdasan kinestetik rata-rata 1,74. Hasil analisis data pada siklus II dari 25 orang anak terdapat 18 orang anak (72%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 7 orang anak (28%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan tidak ada yang memperoleh kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus II ini kecerdasan kinestetik rata-rata 2,68. Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang positif bahwa dengan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Kinestetik; Gerak dan Lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:59
Last Modified: 01 Nov 2021 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43565

Actions (login required)

View Item
View Item