PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMPN 3 PERBAUNGAN

Naibaho, Tri Suci (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMPN 3 PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126173031 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126173031 Judul.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126173031 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126173031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126173031 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126173031 Abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126173031 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126173031 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126173031 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126173031 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126173031 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126173031 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126173031 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126173031 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126173031 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126173031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126173031 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126173031 Bab I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126173031 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126173031 Bab V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126173031 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126173031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing (Guided Inkuiry), inkuiri bebas termodifikasi (Modified Free Inquiry) dan metode tradisional terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam mempelajari materi ekosistem ; (2) Pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing (Guided Inkuiry), inkuiri bebas termodifikasi (Modified Free Inquiry) dan metode tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mempelajari materi ekosistem; (3) Pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing (Guided Inkuiry), inkuiri bebas termodifikasi (Modified Free Inquiry) dan metode tradisional terhadap keterampilan proses sains siswa dalam mempelajari materi ekosistem di SMP Negeri 3 Perbaungan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing (Guided Inkuiry), kelas B dibelajarkan dengan inkuiri bebas termodifikasi (Modified Free Inquiry) dan kelas C sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode tradisional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Guided Inquiry, Modified Free Inquiry dan tradisional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem di SMP N 3 Perbaungan. Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan guided inquiry 84,63 ± 5,879 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode Modified Guided Inquiry 80,49 ± 5,236 dan yang dibelajarkan dengan metode tradisional 77,43 ± 4,690 ; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Guided Inquiry, Modified Free Inquiry dan tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMP N 3 Perbaungan. kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan metode Guided Inquiry 78,84 ± 4,803 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis Modified Free Inquiry 71,21 ± 2,839 maupun kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran tradisional 68,25 ± 4,845 dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Guided Inquiry, Modified Free Inquiry dan tradisional terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem di SMP N 3 Perbaungan. Keterampilan proses sains yang dibelajarkan dengan Guided Inquiry 72,05 ± 8,220 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan Modified Free Inquiry 68,72 ± 7,967 dan kelas yang dibelajarkan dengan tradisional 65,05 ± 47,897. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan metode guided inquiry dan modified free inquiry dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar biologi, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577.071 2 Nai p
Keywords: Ekosistem; Pembelajaran inquiry; Berpikir kritis; Metode pembelajaran; Keterampilan proses sains
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item
View Item