PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER KOMUNIKATIF SERTA RASA INGIN TAHU PADA MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA

Rambe, Titin Rahmayanti (2014) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER KOMUNIKATIF SERTA RASA INGIN TAHU PADA MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126142020 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126142020 Judul.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126142020 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126142020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126142020 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126142020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126142020 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126142020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126142020 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126142020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126142020 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126142020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126142020 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126142020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126142020 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126142020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126142020 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126142020 Bab I.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126142020 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126142020 Bab V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126142020 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126142020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pembelajaran yang lebih dapat meningkatkan hasil belajar kimia, karakter komunikatif, dan karakter rasa ingin tahu siswa pada materi kimia larutan di SMA. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA pada semester genap Tahun Pelajaran 2013/ 2014 yang diajarkan dengan materi kurikulum 2013. Sampel yang diteliti diambil secara sampling purposif, yaitu siswa SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7 Medan (masing-masing sebanyak tiga kelas dan tiap kelas terdiri dari 27 orang siswa). Masing-masing dari ketiga kelas tersebut diberi perlakuan berupa model pembelajaran yang berbeda. Selanjutnya kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran direct instruction disebut kelas eksperimen 1, kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis proyek tanpa media disebut kelas eksperimen 2, dan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet disebut kelas eksperimen 3. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas eksperimen 3 dengan bentuk objektif test yang sama, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur data karakter dari masing-masing kelas eksperimen tersebut adalah bentuk angket. Teknik analisis data menggunakan one way Anava dengan SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis proyek tanpa media serta model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet pada materi Kimia Larutan, (2) Terdapat perbedaan karakter rasa ingin tahu siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis proyek tanpa media serta model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet, (3) Terdapat perbedaan karakter komunikatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis proyek tanpa media serta model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet, (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter rasa ingin tahu dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet, (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction, dan model pembelajaran berbasis proyek tanpa media serta model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet, dan (6) Hasil belajar, karakter rasa ingin tahu, dan karakter komunikatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan media internet paling baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 546.071 2 Ram p
Uncontrolled Keywords: Kimia larutan; Asam basa; Pendidikan karakter; Kurikulum 2013; Internet; Pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item
View Item