Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) Dengan Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Sistem Transportasi Darah SMP Swasta PAB 9 T.P. 2014/2015

Sudibyo, Mufti (2015) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) Dengan Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Sistem Transportasi Darah SMP Swasta PAB 9 T.P. 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3 (4). pp. 152-161. ISSN 2338-3003; eISSN : 2502 – 3217

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran contekstual teaching learning (CTL) dengan yang diajar
dengan strategi pembelajaran ekspositori pada materi sistem transportasi darah.
Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen dimana populasinya adalah seluruh
siswa kelas VIII yang terdiri 6 kelas dengan jumlah siswa 240 siswa. Pengambilan sampel
penelitian dilakukan secara acak (Random Sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu
kelas VIII1 sebagai kelas strategi pembelajaran CTL dan kelas VIII2 sebagai kelas strategi
pembelajaran ekspositori. Kelas strategi pembelajaran CTL terdapat 38 siswa dan kelas
strategi pembelajaran ekspositori terdapat 38 siswa sehingga sampel berjumlah 76 siswa.
Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 30 soal yang
digunakan sebagai soal pre-test dan soal post-test. Rata-rata hasil belajar kelas strategi
pembelajaran CTL sebesar 80,36 dengan Standart Deviasi (SD) 6,385 lebih tinggi
dibandingkan kelas strategi pembelajaran ekspositori sebesar 74,68 dengan Standart
Deviasi(SD) 6,33 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 5,68% dengan perbandingan
rata-rata Contekstual teaching learning : Ekspositori = 1,1 : 1. Berdasarkan kriteria
tersebut penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran contekstual
teaching learning dengan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada
materi sistem transportasi darah di SMP Swasta PAB 9 Klambirlima Tahun Pelajaran
2014/2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CTL; strategi ekspositori; hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF89 Transportation
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201 Fisheries > SH337 Packing, transportation, and storage
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:31
Last Modified: 21 Oct 2021 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43465

Actions (login required)

View Item
View Item