PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA

Hasibuan, Molani Paulina (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126142013 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126142013 Judul.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126142013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126142013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126142013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126142013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126142013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126142013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126142013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126142013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126142013 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126142013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126142013 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126142013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126142013 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126142013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126142013 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126142013 Bab I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126142013 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126142013 Bab V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126142013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126142013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar yang secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter mulia pada siswa pada pelajaran kimia di SMA/MA Kelas XI Semester 1. Populasi dari penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas XI di SMA/MA yang ada di Kota Medan, Propinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian diambil secara purposive yaitu SMA CT Foundation Medan, SMA Negeri 2 Medan, MAN 1 Medan, dan MAN 2 Medan. Ada dua pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Pendekatan pertama adalah dengan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menentukan kualitas buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini. Subjek penelitian yang direncanakan adalah sebanyak 33 orang guru kimia di SMA/MA baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Medan. Pendekatan kedua adalah penelitian eksperimen yang digunakan untuk melihat hasil ujicoba penggunaan buku terhadap hasil belajar dan tumbuhkembangnya karakter siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buku ajar kimia SMA/MA kelas XI Semester I berdasarkan kurikulum 2013 dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata penilaian kualitas buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu yang berdasarkan kurikulum 2013 lebih tinggi dibandingkan rata-rata penilaian kualitas buku ajar kimia berdasarkan kurikulum KTSP, (2) Buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini efektif dalam menumbuhkembangkan karakter kreatifitas, rasa ingin tahu, gemar membaca, cinta tanah air, dan peduli lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian buku yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil penilaian masuk ke dalam kategori “tinggi”, (3) Nilai psikomotor siswa pada kelas yang menggunakan buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini lebih tinggi dibandingkan siswa pada kelas yang menggunakan buku ajar kimia berdasarkan kurikulum KTSP, (4) Kualitas buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini lebih baik dibandingkan kualitas buku ajar berdasarkan kurikulum KTSP, (5) Nilai karakter tanggungjawab, kreatifitas, dan komunikatif siswa pada kelas yang menggunakan buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini lebih berkembang dibandingkan siswa pada kelas yang menggunakan buku ajar kimia berdasarkan kurikulum KTSP, (6) Hasil belajar kimia siswa yang menggunakan buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan buku berdasarkan kurikulum KTSP.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Buku teks; Ilmu kimia; Kurikulum 2013; Pendidikan karakter; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran berbasis masalah;
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item
View Item