Analisis Butir Soal Ujian Try Out Bahasa Indonesia Tahun Pembelajaran 2019/2020 Kelas IX Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di SMP Negeri 3 Medan

Afriandini, Ulfa (2020) Analisis Butir Soal Ujian Try Out Bahasa Indonesia Tahun Pembelajaran 2019/2020 Kelas IX Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di SMP Negeri 3 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2161111048 COVER.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2161111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2161111048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2161111048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2161111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2161111048 TABLES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2161111048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2161111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2161111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2161111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengelompokkan soal berdasarkan kategori soal level kognitif Anderson & Krathwohl (Edisi revisi tahun 2001) serta untuk mengetahui analisis soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal ujian Try Out Bahasa Indonesia Tahun Pembelajaran 2019/2020 Kelas IX di SMP Negeri 3 Medan. Sumber data diperoleh dari soal ujian Try Out. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk kategori soal ujian Try Out kelas IX ditemukan sebanyak 2% untuk soal Low Order Thinking Skill (LOTS), untuk soal Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 52%, dan pada kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 46%. Sedangkan untuk analisis soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) menunjukkan bahwa soal kategori menganalisis (C4) dan Mengevaluasi (C5) menjadi soal yang dipilih untuk kategori soal HOTS, sementara untuk soal mengkreasi/mencipta (C6) tidak diterapkan dalam pembuatan soal. Hal ini disebabkan karena pemerintah ataupun dinas belum memasukkan semua proses kognitif serta mengelompokkannya dengan baik. Dalam hal ini, guru juga berperan penting dalam membuat soal terutama dalam memasukkan lebih banyak lagi butir soal kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal yang akan diujikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArif, Syamsulnidn0024115908
Keywords: Soal Ujian Try Out; Level Kognitif Anderson & Krathwohl (Edisi revisi tahun 2001); Soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Oct 2021 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43455

Actions (login required)

View Item View Item