bahwa minimal distinguishing mathematical both enhance applying analiti carried program nilai jeni implementation category sangat universita baik ditandai each subject 2008 sistemati pascasarjana percentage ditemukan ABSTRACT menunjukkan happening specified validity dilaksanakan expert dari used kategori tindakan start serta pada penalaran CAR relevant all hal terdapat pembelajaran men MAHARANI ganjil bekerjasama sheet either aim bertujuan average obtained les trial tehadap model understand activity upaya concluded mengalami clas teacher dengan difficulty very value active data penting XII kenyataan type teachers' kegiatan object women mengikuti scenario ha realistic terjadi tahun problem low digunakan under response proces hasil rata through setelah component positively terdiri berpikir membekali penerapan respond reliability semester caused kela third taking validation amounting fattah gone 2007 disimpulkan adalah pelajaran dibawah 2013 categorie realistik study based classroom characteristic berakreditasi out cooperative yang materi pendekatan variou level people applied dapat cycle result manage comprising number III pendidikan abilitie memiliki menimbulkan reflection respon akhir outcome good dalam student kemampuan rendahnya school mathematic reasoning during jigsaw untuk sebagian education instrument device observation komponen pemahaman mendeskripsikan given ABSTRAK met test negeri dan ini diberikan solving diperoleh field analisi positif lapangan kesulitan logi analysi end questionnaire revision setiap sebesar penelitian SMK learning jumlah memberikan melalui medan berdasarkan research purpose comprised kreatif high students' senior siklu ability had SRI te activitie application increase higher without bagi matematika II kriti siswa terhadap instrumen tingkat action meningkatkan ideal