tujuan implementation masing IPA angket adalah student kemampuan wa untuk learning research upaya significantly mencapai daripada prose dalam mathematic approach valid kela ABSTRAK action menunjukkan understanding melihat classroom 2014 increase score suggested law negeri dan reliable department subjek data XII after instrument guru penelitian matematik communication twelfth terdapat sma semester juga material sebesar setelah state berlangsung bahwa received 2013 applied rendahnya positif ability positive know berawal sihar melalui significance university permasalahan terjadi digunakan realistik meant yakni different demikian relieved tentang agar got thesi dimana penelitiannya such apply sangat mempunyai pemahaman diberikan apakah menyarankan mean PTK saat ABSTRAC place objek nilai serta there seluruh ditemukan tesi tindakan dinyatakan result studipendidikanmatematikapascasarjana sementara medan siswa meningkatkan program all kuala tahun rata pelajaran yaitu during menerapkan pembelajaran post SMA cycle berbeda ini pelaksanaan baik genap study matemati respon membaha karena dilaksanakan clas formulation abilitie dengan reliabel mencoba conducted signifikan mathematical each pendekatan find year ketuntasan te objective peningkatan teacher sample problem instrumen terhadap materi graduated given analysi hasil able using kesimpulan UNIMED kabupaten response because KKM matematika II cenderung mampu siklu jeni pada kab low through while take PMR komunikasi tried langkat orang out yang hanya belajar dari