PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Simanjuntak, Desi Nurtama and Dinam, Anggi Putri Beru and Adisaputera, Abdurahman (2021) PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 69-76. ISSN 978-623-6984-13-0

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Google Classroom merupakan layanan yang layak diterapkan di Indonesia, karena Google Classroom memiliki struktur yang sama dengan pembelajaran yang ada saat ini. Dalam Google Classroom terdapat peran masing-masing baik dari guru maupun siswanya. Seperti dituliskan pada situs resmi Google mengenai Google Classroom, layanan tersebut juga terhubung dengan layanan Google for Education lainnya. Sehingga membuat Google Classroom sangat direkomandasikan untuk digunakan sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran, karena dapat digunakan siswa untuk belajar diluar waktu pelajaran.Penggunaan Smartphonesaat ini sudah banyak pada kalangan pelajar, sehingga penerapan Tools Google Classroom sangat mungkin menghasilkan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Pada saat ini penerapan media pembelajaran yang ideal dan efektif masih kurang dapat terlaksana dengan baik.Hal tersebut membuat kondisi kelas kurang nyaman dan menarik bagi siswa, karena media yang monoton membuat siswa bosan dengan mata pelajaran tersebut.Sehingga siswa menjadi malas dan tidak bisa menerima pembelajaran dengan baik.Pembelajaran yang tidak bisa membuat siswa tertarik dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar menimbulkan penurunan tingkat antusias siswa dalam menuntut ilmu di sekolah. Siswa menjadi pasif, tidak kreatif, serta tidak punya rasa ingin tau akan pelajarannya. Hal tersebut sangat merugikan siswa, karena waktu yang seharusnya digunakan untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya hilang karena media yang kurang menarik.Pembelajaran yang monoton tersebut, berimbas pada tujuan pembelajaran yang pada dasarnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa aktif menjadi tidak dapat tercapai. Agar pendidikan tidak monoton dan membosankan lagi, maka penulis akan menggabungkan antara Google Classroom dengan proses belajar mengajar.

Item Type: Article
Keywords: Google Classroom; Tools Google; Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43375

Actions (login required)

View Item View Item