PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN FITUR “REELS INSTAGRAM” PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19

Sari, Anggi Damora (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN FITUR “REELS INSTAGRAM” PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 33-38. ISSN 978-623-6984-13-0

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari peran penting beberapa aspek di atas guna mencapai tujuan pembelajaran yang inovatif dan efektif. Salah satu aspek yang mendukung keberhasilan kegiatan belajar mengajar adalah ketepatan pemilihan media pembelajaran. Media pembelajaran yang inovatif dapat menjadi daya tarik utama untuk siswa agar pembelajaran tidak terkesan monoton. Pemilihan media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa perlu dilakukan agar pembelajaran secara daring (online) tetap memiliki daya tarik terhadap siswa agar tidak bosan menghadapi situasi pembelajaran yang bermula tatap muka (luring) dan kini sudah berpindah pada pembelajaran secara daring (online). Analisis kebutuhan siswa dalam pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran dapat ditinjau dari aspek umur peserta didik. Daya tarik peserta didik terhadap sosial media dibuktikan dengan banyaknya pengguna sosial media pada usia remaja. Sosial media menjadi salah satu kebutuhan dan kebiasaan yang setiap hari dilakukan oleh remaja dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu media sosial yang banyak digunakan remaja saat ini adalah Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dengan demikian, data-data yang telah diperoleh perlu dideskripsikan atau dipaparkan apa adanya sehingga pada akhirnya akan diketahui tentang bagaimana tampilan fitur reels Instagram, langkah-langkah mendesain materi sastra maupun non sastra pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, serta kelebihan dan kelemahan dari penggunaan fitur reels pada Instagram. Berdasarkan uraian penjelasan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan fitur reels Instagram dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dapat membantu pendidik/guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring (online). Karena, fitur-fitur yang disediakan pada reels Instagram sesuai dengan kebutuhan pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan kelebihan dari fitur reels Instagram juga dinilai lebih dominan daripada kelemahannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media; Fitur; Reels; Instagram; Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 07 Oct 2021 15:26
Last Modified: 07 Oct 2021 15:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43369

Actions (login required)

View Item
View Item