IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN FLATFORM SCHOOLOGY PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) BAHASA INDONESIA

Tantri, Ade Asih Susiari and Dewantara, I Putu Mas and Wirahyuni, Kadek (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN FLATFORM SCHOOLOGY PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) BAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 23-32. ISSN 978-623-6984-13-0

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring dengan flatfrom schoology pada mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK) Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah implementasi pembelajaran daring dengan flatform schoology pada MPK Bahasa Indonesia rombel 29 dan 30. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Ada beberapa langkah dalam mengimplementasikan flatform schoology dalam MPK Bahasa Indonesia, yaitu: 1) menyusun bahan ajar; 2) mengundang mahasiswa untuk bergabung ke course; 3) memberikan pengumuman tentang perkuliahan untuk pertemuan yang akan dilakukan; 4) mahasiswa mengerjakan assignment; dan 5) pengajar memberikan feedback dan nilai. Hasil belajar mahasiswa rombel 29 dan 30 tergolong baik. Skor rata-rata kelas hasil belajar mahasiswa rombel 29 sebesar 83 dan skor rata-rata kelas partisipasi sebesar 90. Skor rata-rata kelas hasil belajar mahasiswa rombel 30 sebesar 85. Skor rata-rata ini tergolong baik dan skor rata-rata kelas partisipasi mahasiswa rombel 30 sebesar 90.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran daring; schoology; MPK Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 07 Oct 2021 15:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43368

Actions (login required)

View Item View Item