Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi

Naden, Selwen (2021) Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN. COVER..pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.LEMBAR PENGESAHAN..pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.KATA PENGANTAR..pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.DAFTAR TABEL..pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.BAB I..pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.BAB V..pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM. 8196182018.SELWEN NADEN.DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan langsung; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dibandingkan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah; (3) Mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi Tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner keterampilan sosial dan tes hasil belajar IPS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan pendekatan etnopedagogi lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan langsung (Fhitung = 7,750 dan nilai sig. 0,008 < 0,05); (2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah (Fhitung = 5,097 dan nilai sig. 0,028 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 6,268 dan nilai sig. 0,016 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTanjung, Samsidarnidn0026065906
Thesis advisorSiman, nidn0008015502
Call Number: 372.8 Nad p
Keywords: Pendekatan Pembelajaran; Keterampilan Sosial; Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43327

Actions (login required)

View Item View Item