PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sari, Devi Permata and Simanjuntak, Mariati Purnama (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 4 (4). ISSN 2549-8258

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 5 Binjai T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase perkembangan aktivitas, sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 5 Binjai T.P. 2014/2015.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerDerlina, nidn0021036405
ReviewerMursalin, nidn0012045710
Keywords: model discovery learning, hasil belajar, aktivitas, PhET.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43296

Actions (login required)

View Item View Item