LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Simanjuntak, Mariati Purnama and Marpaung, Nurliana and Hutahaean, Juniar and Panggabean, Berta Masrifa and Purba, Chatarina and Mustafa, Azmi (2019) LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (2). pp. 126-134. ISSN 2252-732X

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan simulasi komputer. LKS yang digunakan berbasis masalah dan memuat pertanyaan-pertanyaan yang menggali keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari tujuh kelas yang berjumlah 243 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA 2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan LKS berbasis masalah berbantuan simulasi komputer dan kelas X MIA 3 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional menggunakan lembar kerja siswa berisi soal-soal yang penekananya matematis. Instrumen yang digunakan tes berpikir kritis sebanyak 10 soal berbentuk uraian berbasis masalah. Berdasarkan hasil uji beda diperoleh perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan LKS berbasis masalah berbantuan simulasi komputer dengan kata lain penerapan pembelajaran menggunakan lembar kerja siswa berbasis masalah lebih baik meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Persentase peningkatan N-gain berpikir kritis kelas eksperimen 64% dan kelas kontrol 43%, masing – masing kategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Berpikir Kritis, Simulasi Computer
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:42
Last Modified: 27 Dec 2021 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43288

Actions (login required)

View Item
View Item