PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KARAKTER SISWA

Simanjuntak, Mariati Purnama and Hutahaean, Juniar and Lestari, Rika Indah and Barus, Primadana (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KARAKTER SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (1). pp. 10-18. ISSN 2252-732X

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tolak ukur kesuksesanpendidikan bukan hanya dinilai dari sisi kognitif siswa saja, melainkan juga karakter siswa. Siswa harus memiliki karakter yang berpegang pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan simulasi komputer terhadap peningkatan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Subyek penelitian melibatkan tiga kelompok, dengan masing-masing satu kelompok eksperimen-1 menerapkan PBL berbantuan simulasi komputer, satu kelompok eksperimen-2 menerapkan PBL dan satu kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan angket yang mengukur karakter siswa. Aspek karakter yang diukur pada penelitian ini adalah percaya diri, rasa ingin tahu, terencana, inisiatif, integritas, ketekunan, pemecahan masalah, dan kerja tim. Data karakter dianalisis dengan uji gain yang di normalisasi (N-gain). Persentase peningkatan N-gain karakter siswa pada kelompok eksperimen-1 dan eksperimen-2 masing-masing sebesar 34% dan 32% pada kategori sedang, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 12% pada kategori rendah. Persentase peningkatan karakter tertinggi pada kelompok eksperimen-1 dan eksperimen-2 pada indikator rasa ingin tahu, sedangkan karakter tertinggi pada kelas kontrol pada indikator ketekunan. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh penerapan PBL berbantuan simulasi komputer efektif meningkatkan karakter siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: problem based learning (PBL), karakter, simulasi komputer
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Sep 2021 15:02
Last Modified: 21 Dec 2021 10:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43281

Actions (login required)

View Item
View Item