kelompok dipilih tujuan classe universita validity serta declared peningkatan dikaji MARPAUNG problem suasana syarat treated education dijadikan then mendeskripsikan item state deskriptif seluruh eligible students' attitude instrumen terhadap selected better tesi researcher angket bahasa received coefficient kemudian toward secara dinyatakan proces terdiri masalah adalah memenuhi penyelesaian result keyword student kemampuan wa sendiri untuk jawaban against positif analysi kedua tersebut learning medan research negatif ability improve reliabilita knowing siswa 736 meningkatkan rumusan both uji koefisien program pascasarjana butir positive opportunitie konsep all regular populasi peneliti significantly merupakan ordinary control hasil sikap content daripada negative dapat prose yaitu dalam mathematic create menerapkan keseluruhan concept marpaung namely maka isi sekolah ABSTRACT pembelajaran memperoleh kontrol kata studi digunakan mastery alternatif kela validita mengungkapkan who inovatif berbasi pembelajarannya language dibuat suggest graduate implementing ABSTRAK done ini descriptively main questionnaire mereka lesson idea alternative experimental biasa receiving matematika atmosphere mengetahui baik subject satu used expres ada examined diberi provide way model understanding joyful dibandingkan study classroom matemati randomly population test acak dilakukan their 2014 bervariasi own also improved pada universit improving soal agar varied semi gagasannya clas formulation ha examine dua answer reliability thesi based pendidikan group school kesempatan made negeri dan acquire subyek purpose bersikap memberi than kunci menciptakan innovative dengan data whose menggunakan menyenangkan utama yang difference mempunyai consist math instrument pemahaman lebih solving perbedaan signifikan TOMSA penelitian sebagai belajar use menyarankan mathematical two junior each dari SMP cara describe telah menelaah testing juga one eksperimen more perlakuan gain setiap sebesar berdasarkan high salah ketuntasan analisa te overall