PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Simanjuntak, Mariati Purnama and Siregar, Lasmaria and Lumbangaol, Yenni Triana (2019) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7 (4). pp. 25-33. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII SMP dengan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran, dilakukan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model discovery learning.

Item Type: Article
Keywords: Discovery Learning, PTK, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 10 Sep 2021 00:01
Last Modified: 27 Dec 2021 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43273

Actions (login required)

View Item
View Item