nilai posttest diterima universita masing much peningkatan 101 dianalisi problem there tinggi sedangkan item state rejected balok students' diikuti 874 terhadap bahwa formula tidak taught tesi pemecahan increased kemudian value word masalah materi result keyword student kemampuan untuk improvement given besar learning ditolak medan interaction ability between application reliabilita siswa program pascasarjana butir 163 all taraf artinya 819 factor control seberapa hasil daripada ternormalisasi diolah mathematic using diperoleh 7557 rumu other melalui significance university higher 7875 sehingga ANOVA valid normalized ABSTRACT usual pembelajaran kontrol obtained kata connection digunakan capabilitie connectical kela who berbasi level followed graduate antara beam analyzed ABSTRAK ini processed H0 pre early biasa matematika 945 mengetahui menunjukkan used lain diberi ANAVA way model demikian KAM 940 thu dibandingkan study matemati PBM lhoksukon interaksi test how 2014 karena increase 171 also pada soal got clas diajarkan dua through while ROHANTIZANI penerapan PMB reliability thesi based abilitie meaning prete jalur accepted negeri dan cube kali than determine poste kunci tidaknya 199 429 expereimen signifikansi pertama dengan orang menggunakan showed atau out yang skill mempunyai math lebih diberikan solving koneksi faktor penelitian whether 169 mathematical two each PBL SMP terdapat awal aim bertujuan oleh semua mean however juga find eksperimen kubu gain among sebesar kemapuan berdasarkan high first te