PENGARUH MODEL KOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 5 BINJAI

Panjaitan, Elimanasari (2021) PENGARUH MODEL KOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176176003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176176003 COVER.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176176003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176176003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176176003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176176003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176176003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176176003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176176003  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176176003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176176003 TABLES.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176176003 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176176003 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176176003 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176176003 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176176003 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176176003 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176176003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran tipe grup investigation dengan pendekatan Multirepresentasi terhadap aktivitas siswa di kelas eksperimen dan kontrol, (2) pengaruh model pembelajaran tipe grup investigation dengan pendekatan Multirepresentasi terhadap keterampilan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kontrol, dan (3) hubungan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis dengan model pembelajaran group investigation dengan multirepresentasi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Semester II Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Grup Investigation dengan multirepresentasi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independent t test dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dengan multirepresentasi dan model pembelajaran konvensional dengan penugasan terhadap aktivitas siswa, (2) keterampilan berpikir kritis belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation dengan multirepresentasi lebih baik daripada pada model pembelajaran konvensional dengan penugasan, dan (3) hubungan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis yang dibelajarkan di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Pan p
Keywords: Group Investigation; Multirepresentasi; Aktivitas; dan Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:55
Last Modified: 09 Sep 2021 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43235

Actions (login required)

View Item
View Item