kelompok masing keberhasilan aspek berikut adalah 142 kemampuan untuk learning ata khususnya hendaknya prose dalam diharapkan valid mengelola kela menumbuh menjadi ditinjau menyediakan online dan saran guru penelitian namun oleh telah juga meningkat kevalidan 141 sebesar tinggi setelah membantu bahwa memenuhi belum berhasil uji peneliti dapat sedang tertarik terjadi digunakan berbasi analisi para dikembangkan lain kepraktisan keefektivan revisi agar mengalami membuat ingin kepada lebih sebagai DAN gain nilai serta moodle terlihat kategori perangkat siswa meningkatkan total rata disimpulkan diperoleh sampel indek pembelajaran bersarkan BAB bisa mengembangkan ini media bagi baik keterlaksanaan hal coba melakukan KAM respon bervariasi SARAN LMS dengan menggunakan indicator observasi kembangkan full validasi rendah ketuntasan peningkatan ditetapkan keefektifan kemandirian kriteria KESIMPULAN pembahasan 140 hasil skor ternormalisasi maka sehingga sekolah kesimpulan validita II memanfaatkan mengajar πΊπ‘Žπ‘–π‘› validator disarankan dikemukakan pada berada yang beberapa banyak belajar dari memperkaya berdasarkan