Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa di SMP

Nova, Beatrix and Simanjuntak, Mariati Purnama (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. In: PROCEEDING SEMINAR NASIONAL IPA XI, 2021, Semarang, Indonesia.

[img] Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
Official URL: https:/ fdrive.google.com/file/d/1S4mQc9QPArSMilsR...

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi masih rendahnya pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berbasis multirepresentasi. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan design two grup pretest-posttest. Sampel diambil secara cluster random sampling. Pemecahan masalah diukur dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian berbasis masalah pada materi Sitem Ekskresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uij beda (uji-t) terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa secara signifikan dengan menerapkan PBL berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA pada materi Sistem Ekskresi dengan kata lain terdapat pengaruh model PBL berbasis multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Ekskresi siswa kelas VIII SMP. Persentase N-gain keterampilan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 65% dan kelas kontrol sebesar 54%, masing-masing pada kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerDerlina, nidn0021036405
ReviewerMursalin, nidn0012045710
Keywords: problem based learning (PBL); multirepresentasi; pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43219

Actions (login required)

View Item View Item