Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi

Zubaidah, Siti and Muchtar, Zainuddin (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis android sangatlah praktis dan dapat digunakan dimanapun dan kapanpun terutama dalam pelajaran kimia pada pokok bahasan laju reaksi yang terkesan sulit, tetapi guru mengalami kendala dalam menyiapkan media pembelajaran dengan teknologi. Sehingga diperlukan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan berdasarkan BSNP (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseacrh and Development menggunakan model ADDIE. Hasil yang diperoleh untuk kelayakan kebahasaan 90,18%, rekayasa perangkat lunak 83,92%, tampilan visual 86,11%, kelayakan isi 87,50-%, penyajian 85,00% , kegrafisan 87,50% dan kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi secara keseluruhan 87,25% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi digunakan dalam proses pembelajaran, diperoleh data yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS dengan Sig 0,000 < 0,05 yang menyatakan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Android; Laju Reaksi; ADDIE dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:28
Last Modified: 08 Sep 2021 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43201

Actions (login required)

View Item
View Item