Melatikan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Analisis Anion

Juniar, Anna and Tambunan, Pravil MistryantoTambunan (2020) Melatikan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Analisis Anion. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan keterampilan proses sains dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi analisis anion. Subjek penelitian ini adalah 27 orang mahasiswa PSPK 2018 D Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu pre-experimental design. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu “One-group Pretest-Postest design”. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar soal test keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing baik sekali selama 3 kali pertemuan dengan rata-rata setiap langkah pembelajaran: merumuskan masalah 86,23%, mengajukan hipotesis 86,23%, merancang percobaan 85,21%, melaksanakan percobaan 85,80%, mengumpulkan dan menganalisis data 86,21% dan menyimpulkan 85,21%. Secara keseluruhan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan persentase 85,86%, memiliki kategori baik sekali. 2) Keterampilan proses sains peserta didik berhasil dilatihkan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu: mengamati 89,95%, mengajukan hipotesis 81,93%, mengklassifikasi 82,38%, merancang percobaan 79,40%, menerapkan konsep 77,97%, menafsirkan 76,79% dan mengkomunikasikan 90%. Dengan kategori baik sekali. Keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan dengan skorr N- gain 81% yang diperoleh pada kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; analisis anion
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43198

Actions (login required)

View Item View Item