PenerapanModel Pembelajaran STAD dan Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa

Br. Bancin, Siti Aminah and Syafriani, Dewi (2020) PenerapanModel Pembelajaran STAD dan Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan macromedia flash dengan Discovery Learning berbantuan macromedia flash pada materi laju reaksi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 3 Medan yaitu empat kelas. Masing-masing kelas berjumlahkan 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan model Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan macromedia flash dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan model Discovery Learning berbantuan macromedia flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test, dengan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,047 dari data terlihat nilai signifikansi < 0,05 yang artinya Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Discovery Learning berbantuan macromedia flash pada materi laju reaksi dengan hasil 0,0424% yang menggunakan model STAD lebih baik dibandingkan Discovery Learning.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Student Team Achievement Divisions (STAD); Discovery Learning; Laju Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:16
Last Modified: 08 Sep 2021 01:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43193

Actions (login required)

View Item
View Item