Inovasi Bahan Ajar Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Terintegrasi Nilai Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi

Utami, Rafika and Darmana, Ayi (2020) Inovasi Bahan Ajar Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Terintegrasi Nilai Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan inovasi bahan ajar berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terintegrasi nilai Islam pada materi laju reaksi yang telah dikembangkan. Spesifikasi bahan ajar berbentuk media cetak sebagai implementasi kurikulum 2013 kompetensi. Subjek dari penelitian ini adalah sisw-siswi kelas XI MAN 2 Model Medan yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze (analisis), Design (Desain), Develop (pengembangan), Implement (uji coba) dan Evaluate (evaluasi) akan tetapi penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Implement (uji coba). Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa lembar soal pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dan reliable dengan reabiltas 0,84. Berdasarkan hasil uji prasyarat data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kels kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunkan dalam penelitian ini yaitu uji t pihak kanan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 5,747 > 1,671 maka Ha diterima serta peningkatan hasil belajar (gain) dari kelas eksperimen diperoleh 62,64%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa inovasi bahan ajar berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terintegrasi nilai Islam yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; sets; nilai islam; hasil belajar; laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:10
Last Modified: 08 Sep 2021 01:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43192

Actions (login required)

View Item
View Item