Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Visualisasi 3D dan Animasi Molekul Terhadap Hasil Belajar Bahasan Bentuk Molekul

Dewita, Novira and Sintiani, Putri and Nugraha, Asep Wahyu (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Visualisasi 3D dan Animasi Molekul Terhadap Hasil Belajar Bahasan Bentuk Molekul. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Materi bentuk molekul merupakan salah satu materi pembelajaran kimia, siswa dituntut untuk berpikir tinggi dikarenakan materi tersebut bersifat abstrak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis visualisasi 3D dan animasi molekul terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan bentuk molekul. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas di SMAS Panca Budi Medan, penelitian ini menggunakan kelas kontrol yaitu kelas X MIA sebanyak 34 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa media, dan kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 6 sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media pembelajaran berbasis visualisasi 3D dan animasi molekul. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian : 1) Pemberian pre-test diawal 2) Proses pembelajaran 3) Pemberian post-test. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi 3D dan animasi molekul, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 78,13%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,16%. Uji hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung > ttabel yaitu 3,73 > 1,6698. Sedangkan perentase dari respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis visualisasi 3D dan animasi molekul dengan menggunakan skala Guttman adalah sebesar 89,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis visualisasi 3D dan animasi molekul dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pokok bahasan bentuk molekul.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Visualisasi 3D dan Animasi Molekul; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43191

Actions (login required)

View Item View Item