KAJIAN ENUMERATOR PENGARUH PANDEMIK COVID 19 TERHADAP MINAT PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING DI KECAMATAN SUMUR BANDUNG, BANDUNG 2020

Simanjuntak, Tiurma PT (2020) KAJIAN ENUMERATOR PENGARUH PANDEMIK COVID 19 TERHADAP MINAT PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING DI KECAMATAN SUMUR BANDUNG, BANDUNG 2020. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sumur bandung adalah salah satu kecamatan tertua ber-histori di Bandung. Batas wilayah dan jumlah kelurahan di Sumur Bandung ditetapkan melalui PP Nomor 16 Tahun 1997. Di Kecamatan ini terdapat banyak gedung pemerintahan seperti Kantor Wali kota Bandung, Kodam III Siliwangi, Kodim 0618/BS, Dinas Perikanan, Kantor Pajak, Balai Bahasa, Kota wisata Braga, Inspektorat Kota, BPLHProvinsi Jawa Barat, dan Polrestabes Bandung. Minimnya pusat pendidikan atau sekolah di daerah ini dan tingginya angka kejahatan disertai terjadinya wabah pandemik covid 19 di kawasan ini sehingga pembelajaran dilakukan secara daring menjadi alasan untuk melakukan penelitian enumerator bidang kimia dan sains ini. Penelitian dilakukan selama bulan november dan desember tahun 2020 di kecamatan sumur bandung, bandung dengan populasi 100 siswa/i SMU disekitar sumur bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan in-depth interview. Sample dalam penelitian ini sebanyak 100 orang siswa/i. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpose sampling dan simple random sampling terhadap siswa/i yang ditemukan di kawasan sumur bandung. Data-data yang dikumpulkan dengan cara seluruh sampel penelitian mengisi kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara daring dalam kategori cukup persentase 76% ,juga pembelajaran daring yang dilakukan untuk penguasaan objektive tutorial, CSL dengan kategori cukup persentase 68%, walaupun responden menggunakan Whattsapp group dengan persentase 68 % selama pembelajaran daring tetapi , media pembelajaran efektif menggunakan video conference zoom,Whattsap group dan Google class hasil persentase sama yaitu 32 %, Kegiatan pembelajaran kimia dan sains dalam kategori cukup sebanyak 44 % dan kategori kurang sebanyak 40 % dimana saat mengikuti pembelajaran daring mereka mengalami kendala dengan persentase 60 % responden yang menggunakan provider internet indihome. Saran anak-anak untuk pembelajaran secara daring adalah diadakan praktikum secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang berlaku dan jangan membuat soal kimia kategori sulit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kimia; sains; daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:38
Last Modified: 07 Sep 2021 09:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43182

Actions (login required)

View Item
View Item