PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAMBASA

Jannata, Shela and Juniar, Anna (2020) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAMBASA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[img]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak merupakan ringkasan dari isi artikel. Abstrak harus menggambarkan isi keseluruhan artikel. Abstrak harus memuat: pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan simpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis tidak lebih dari 250 kata (Bahasa Indonesia) dan 200 kata (Bagasa Inggris), serta tidak diperkenankan mencantumkan kutipan literatur. Abstrak ditulis satu spasi, Times New Roman uk 10 pt. dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, mengetahui apakah Peningkatan KPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, mengetahui apakah ada korelasi antara hasil belajar dengan KPS siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 16 MEDAN. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3, dimana kelas XI IPA 1 diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan ganda yang telah valid dan reliabel, Instrumen tes KPS berupa tes esai serta instrumen nontes yang berupa observasi keterampilan proses sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar dan KPS siswa pada materi Asam Basa. Dari Uji statistik t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05 bernilai 1,6749 adalah 9,3 pada hasil belajar dan 16 pada KPS. Kemudian dari Uji statistik Korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 0,05 nilai rtabel adalah 0,396 diperoleh rhitung 6,666 maka ada korelasi antara hasil belajar dengan KPS siswa. Kontribusi dari hasil belajar terhadap peningkatan KPS sebesar 66 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; KPS; Titrasi Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43178

Actions (login required)

View Item View Item