Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita

Barus, Sanggup and Siagian, Sahat and Saragih, Abdul Hasan (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat
meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes kemampuan menulis teks berita. Teknik analisis data yang digunaka adalah teknik komparasional dengan menggunakan pre-test dan post-test one group design. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan menulis teks berita siswa sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri, tergolong ke dalam kategori sangat kurang. Kedua, kemampuan menulis teks berita siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri, tergolong ke dalam kategori sangat baik. Ketiga, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: model inkuiri; kemampuan; menulis; berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:17
Last Modified: 07 Sep 2021 09:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43177

Actions (login required)

View Item
View Item