tujuan classe universita masing validity objective berbentuk peningkatan teacher sample RME dianalisi problem there tinggi syarat education dijadikan homogenita state seluruh instrumen terhadap teknik tidak taught suatu tesi researcher pemecahan VII hinai coefficient finding dinyatakan terdiri normalita masalah adalah memenuhi keyword student kemampuan wa untuk improvement tersebut learning medan interaction research ability improve between reliabilita essay siswa meningkatkan uraian uji koefisien program mengambil pascasarjana all taraf populasi thought peneliti merupakan control hasil content taking daripada dapat yaitu design dalam mathematic observe grade diperoleh sampel melalui university higher isi ABSTRACT significant semu pembelajaran memperoleh kontrol kata studi kabupaten digunakan alternatif kela validita 821 realistik level suggest antara analyzed ABSTRAK done ini analisi terlebih alternative experimental biasa bagi matematika conventional mengetahui normality used ANAVA way model study matemati consisted interaksi population test dilakukan having 2014 previou required dilaksanakan pada seventh sampling agar clas hartono random dua through reliability held based thesi pendidikan abilitie PMR SMPN group school reasoning jalur negeri dan than kunci homogenity dahulu langkat dengan data 855 yang instrument lebih solving sebelum signifikan guru penelitian whether quasi apakah menyarankan postest mathematical two junior each dari penalaran technique SMP terdapat awal postgraduate realistic telah pendekatan eksperimen method before pretest sebesar berdasarkan high had te