Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flashcard Berbasis Online Pada Materi Ikatan Kimia

Pasaribu, Regina and Kembaren, Agus (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flashcard Berbasis Online Pada Materi Ikatan Kimia. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas belajar dan korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan flashcard pada materi ikatan kimia yang hanya mencakup materi ikatan kovalen di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Dari hasil analisis data diperoleh (1)hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Leaning (83,83) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (66,16). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa pada hasil belajar thitung > ttabel (8,56 > 1,6775). (2)aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (82,88) lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (61,88). Uji hipotesis menunjukkan bahwa pada aktivitas belajar thitung > ttabel (8,26 > 1,6775). (3)terdapat korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil korelasi antara kedua variabel termasuk ke dalam kategori sangat tinggi, dengan kontribusi aktivitas terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 66% sedangkan 34% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: hasil belajar; aktivitas belajar; flashcard; problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:46
Last Modified: 07 Sep 2021 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43169

Actions (login required)

View Item
View Item