Penjernihan Minyak Goreng Bekas (Jelantah) Dengan Menggunakan Daun Nanas (Ananas comosus) Sebagai Adsorben Teraktivasi dan Tidak Teraktivasi

Dita, Laras Arma (2020) Penjernihan Minyak Goreng Bekas (Jelantah) Dengan Menggunakan Daun Nanas (Ananas comosus) Sebagai Adsorben Teraktivasi dan Tidak Teraktivasi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan minyak goreng berulang kali dalam proses penggorengan dapat menurunkan mutu dan perubahan sifat fisikokimia (kerusakan minyak). Perubahan tersebut menghasilkan warna minyak goreng menjadi gelap, kental, timbul busa dan berbau, meningkatnya kadar air, bilangan peroksida atau Peroxide Value (PV) dan asam lemak bebas atau Free Fatty Acids (FFA). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan daun nanas (Ananas comosus) sebagai adsorben untuk menjernihkan warna gelap pada minyak jelantah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan aktivator terbaik dari serbuk daun nanas sebagai adsorben dan untuk membuktikan adsorben yang tidak diaktivasi mampu menjernihkan minyak jelantah. Penelitian ini menggunakan variasi aktivator yaitu natrium klorida 10% (NaCl) dan asam asetat (CH3COOH). Adsorben yang diperoleh digunkan untuk mengadsorpsi minyak jelantah sebanyak 6,875 gram (± ½ sdm) dengan variasi berat minyak jelantah yang digunakan sebanyak 30 mL dan 60 mL. Proses adsorpsi berlangsung selama 24 jam, dan 48 jam. Setelah disaring, minyak jelantah dianalisa perubahan warnanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa activator terbaik serbuk daun nanas dengan natrium klorida 10% (NaCl 10%) yang memberikan penjernihan warna yang paling baik. Adsorben yang tidak diaktivasi juga terbukti dapat menjernihkan warna gelap pada minyak jelantah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Adsorben; daun nanas (Ananas comosus); minyak jelantah; adsorpsi; warna minyak
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:29
Last Modified: 07 Sep 2021 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43158

Actions (login required)

View Item
View Item