Mini Review Pengembangan media e-learning pada Situasi Pandemi COVID -19

Azura, Wan and Silalahi, Albinus (2020) Mini Review Pengembangan media e-learning pada Situasi Pandemi COVID -19. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada situasi pandemi COVID-19 berpeluang dapat terlaksana efektif seiring dengan perkembangan transformasi pendidikan berbasis teknologi yang sesuai. Kajian dalam tulisan ini adalah mini review pengembangan media e-learning, yang merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif berdasarkan analisis penggunaan teknologi sebagai pendukung pembelajaran secara online yang dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran. Analisis penggunaan teknologi tersebut merupakan studi literatur dari sejumlah literatur nasional dan international. Berdasarkan hasil studi literatur ini dapat dinyatakan bahwa penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran merupakan langkah awal untuk menghadapi era digital abad 21st ; pengembangan media e-learning berbasis teknologi telah meliputi media e-learning (Google Classroom, Moodle, Edmodo dan Schoology) sebagai penyedia layanan pembelajaran secara kolaboratif yang memiliki platform dan dapat diakses secara gratis; penggunaan e-learning yang paling banyak diminati adalah google classroom, karena mudah digunakan dan tidak perlu di download; penggunaan e-learning juga dapat meningkatkan keatifan dalam belajar karena fasilitas e-learnig dapat di akses setiap waktu. Dengan demikian, proses pembelajaran pada situasi pandemi COVID-19 berpeluang dapat terlaksana efektif seiring dengan perkembangan transformasi pendidikan berbasis teknologi penggunaan media e-learning pada pembelajaran scara online, yang memudahkan guru berinovasi dalam mengkoordinasi kegiatan pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: online; media pembelajaran; teknologi; e-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:19
Last Modified: 07 Sep 2021 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43156

Actions (login required)

View Item
View Item