PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Tarigan, Lili Nur Indah and Nasution, Hafni Indriati (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa 20 soal pilihan berganda yang sudah divalidasi. Analisis data hasil belajar menggunakan uji N-gain dan uji t pihak kanan pada taraf signifikansi 0,05. Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen 86,08 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 80,54. Hasil uji N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen meningkat (40,76 ke 86,08) dengan presentase 76% kategori tinggi dan pada kelas kontrol meningkat (35,68 ke 80,54) dengan presentase N-gain 70% kategori sedang. Dengan Analisis statistik hasil belajar menunjukan bahwa thitung > ttabel (5,192 > 1,671). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Praktikum; Hasil Belajar; Laju Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43152

Actions (login required)

View Item View Item