Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Dengan Media WEB Pada Materi Termokimia Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa

Purba, Bambang Enra Priando and Riris, Ida Duma and Muchtar, Zainuddin (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Dengan Media WEB Pada Materi Termokimia Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis WEB untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil dan motivasi belajar antara siswa yang di ajar menggunakan strategi inquiry media WEB dengan siswa yang di ajar secara konvensional. Penelitian ini juga digunakan untuk menghasilan produk berupa media pembelajaran website Termokimia serta menguji kelayakannya. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap beberapa Website pembelajaran Termokimia dengan rating yang baik oleh 15 orang guru yang mengajar Kimia di Kabupaten Serdang Bedagai. Dari analilis tersebut diperoleh rata-rata hitung untuk Website A adalah 3,64 dan Website B adalah 3,83, dengan keterangan cukup valid namun masih memerlukan perbaikan dalam penyajiannya. Hasil analisis tersebut menjadi titik acuan dalam pengembangan media pembelajaran WEB. Media pembelajaran WEB yang telah dikembangkan dianalisis sesuai dengan standar BSNP oleh 2 orang ahli pembelajaran IT dan 15 orang guru kimia, dengan hasil rata-rata hitung adalah 4,70 dengan kriteria sangat valid. Selain itu penilaian integrasi strategi inquiry learning juga dilakukan oleh dosen, guru dan siswa yang telah diuji coba secara terbatas menggunakan Web inovatif. Adapun hasil rata-rata hitung penilaian adalah 94,06% oleh ahli pembelajaran IT, 94,29% oleh guru, dan 93,67% oleh siswa dengan kriteria Web yang dikembangkan sangat bagus digunakan dalam pembelajaran. Uji coba terbatas terhadap hasil belajar siswa dianalisis menggunakan independent t-test, dengan nilai thitung > ttabel (8,18 > 1,708), yang berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Inquiry;Website; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:17
Last Modified: 07 Sep 2021 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43147

Actions (login required)

View Item
View Item