Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Laju Reaksi

RAENOVTA, VEREN and Suyanti, Retno Dwi (2020) Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Laju Reaksi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Project Based Learning berbasis Lesson Study lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis dari 19 soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi dan pengujian hipotesis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil yang diperoleh yaitu nilai rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,79 (79%) sedangkan pada kelas kontrol gain rata-rata sebesar 0,64 (64%). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,7632 dan ttabel = 1,6808. Dengan membandingkan nilai thitung 5,7632 > ttabel 1,6808 maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lesson study lebih tinggi secara signifikan dibandingkan model pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Project based learning; lesson study; kemampuan berpikir kritis; laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:12
Last Modified: 07 Sep 2021 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43146

Actions (login required)

View Item
View Item