Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Media Adobe Flash pada Materi Laju Reaksi

Ramadhan, Ilham and Nainggolan, Bajoka (2020) Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Media Adobe Flash pada Materi Laju Reaksi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia serta korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa, yang diajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media adobe flash pada materi laju reaksi. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Medan tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara teknik total sampling, yakni, kelas XI MIA 1 (eksperimen) dengan pembelajaran PBL berbantuan media adobe flash dan XI MIA 2 (kontrol) dengan pembelajaran konvensional berbantuan media adobe flash. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan motivasi belajar siswa dengan instrumen non-tes berupa angket motivasi yang telah valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji gain, uji t pihak kanan, dan uji korelasi. Dari uji gain diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 0,79 (meningkat 79%) dan kelas kontrol 0,71 (meningkat 71%). Dari uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (5,16112 > 1,67252), dan uji korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa diperoleh rhitung > rtabel (0,694 > 0,496). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti : 1) terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar melalui pembelajaran PBL berbantuan media adobe flash pada laju reaksi, dan 2) berkorelasi signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; motivasi; korelasi; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:42
Last Modified: 07 Sep 2021 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43141

Actions (login required)

View Item
View Item