dipilih tujuan universita masing serta shown declared berbentuk peningkatan experiment teacher sample winmery problem there tinggi syarat education state seluruh eligible students' instrumen terhadap increasing bahwa better tidak taught tesi pemecahan VII knowledge secara word dinyatakan proces terdiri masalah adalah memenuhi berjumlah result student kemampuan wa untuk improvement jawaban tersebut learning medan interaction research ability improve siswa meningkatkan uraian uji koefisien program pascasarjana realibilita prior all siantar populasi peneliti 858 control hasil konvensional know daripada prose memiliki dalam mathematic using chosen diajar melalui university higher ANOVA key ABSTRACT pembelajaran kontrol kata studi digunakan alternatif kela validation who berbasi suggest ABSTRAK ini adanya kreativita alternative bagi matematika form conventional menjadi mengetahui baik menunjukkan used diberi way model coefisien creativity melihat dibandingkan description PBM abilite randomly interaksi population test acak 2014 increase reability jeni consistly agar clas gave ha dua answer through penerapan thesi based pendidikan abilitie school jalur negeri dan determine than kunci komunikasi dengan anava orang menggunakan yang kuasi instrument lebih solving guru penelitian matematik sebagai use menyarankan mathematical two junior sampelnya each PBL dari SMP terdapat 857 awal aim postgraduate describe validasi telah eksperimen high had habeahan te