PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Siregar, Tanti Jumaisyaroh (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126171039 Judul.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126171039 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126171039 Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126171039 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126171039 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126171039 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126171039 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126171039 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126171039 Bab I.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126171039 Bab V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126171039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung; (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung; (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Ar-rahman Percut dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran langsung; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran langsung (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran berbasis masalah dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, Elvis196312251988031004
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: 510.071 2 Sir p
Keywords: Kemandirian; Berpikir kritis; Pembelajaran langsung; Sistem pengelolan; Lingkungan belajar; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item