kelompok nilai tujuan bermanfaat peserta pelatihan keterampilan tercermin waktunya pemilihan tinggi merangsang maupun berikut terhadap bahwa suatu bersedia rumah sosial seperti secara adapun masalah adalah materi alpha tanggung sebelumnya kemampuan sendiri untuk apa tersebut siswa meningkatkan rumusan khususnya konsep berkepentingan bahan taraf artinya upaya berbagai langsung STAD hasil konvensional penambahan lanjut merancang pelajaran daripada mempengaruhi dapat prose memiliki yaitu dalam pelajari mengorganisasi diperoleh mendapat diharapkan memberikan melalui maka difasilitasi tertentu sehingga menolak sekolah pembelajaran BAB guna menjadikan kualita antaranya membentuk mendukung didik kooperatif pembelajarannya bermakna pertimbangan sebagian antara ini pengalaman mereka H0 alternative bagi menjadi baik menerima hal model ditingkatkan melakukan mengajar sig dibandingkan SIMPULAN semakin tentang interaksi dilakukan sesuai implikasi karena disarankan dikemukakan pada ilmu simpulan diajarkan pengetahuan SARAN diadakan penerapan ppkn menambah dan berhubungan dunia jawab keterkaitan khasanah membangun bervariatif sangat kepada rencana signifikansi dengan berkaitan perlu menggunakan hipotesi akan saran atau yang mengarahkan penggunaan beberapa pemahaman lebih menampilkan tipe guru penelitian perhatian belajar sebagai menuntut dari pihak ingatan terdapat mata cara semua aktivita DAN ilmiah telah motivasi pengujian rendah memperkaya berorientasi bab setiap sebesar berdasarkan jika