Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Terpadu Terintegrasi Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ananda, Rezki Maya (2020) Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Terpadu Terintegrasi Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156142011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156142011 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156142011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156142011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156142011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156142011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156142011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156142011 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156142011 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156142011 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156142011 TABELS.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156142011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156142011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156142011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156142011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156142011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156142011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156142011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156142011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum IPA Terpadu masih menggunakan buku IPA Terpadu yang ada di sekolah, sehingga peserta didik selalu bertanya kepada guru dalam melaksanakan setiap prosedur praktikum. Hal ini menyebabkan minat dan keingintahuan siswa dalam menguasai konsep masih rendah dan bertampak pada hasil belajar peserta didik dan minimnya keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum IPA Terpadu SMP terintegrasi pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan berdasarkan BSNP, angket kelayakan berdasarkan kesesuaian dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, instrument tes kognitif, dan lembar observasi keterampilan. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independent sample T-Test dan uji Correlation dengan SPSS 21 for windows pada signifikansi 0,05 dengan thitung > ttabel dan rhitung > rtabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: buku IPA Terpadu yang ada di sekolah masih memiliki kekurangan sehingga perlu dilakukan pengembangan, buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII semester I telah layak berdasarkan BSNP dan telah sesuai dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan peserta didik lebih berkembang dibandingkan dengan peserta didik menggunakan buku IPA Terpadu yang ada di sekolah, hasil belajar peserta didik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan buku IPA Terpadu yang ada di sekolah dan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Ana p
Uncontrolled Keywords: penuntun praktikum; IPA Terpadu; inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2021 05:59
Last Modified: 26 Jul 2021 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43055

Actions (login required)

View Item
View Item