Pangorian, Boris Tuan (2020) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Electrical Control Techniques Simulator Terhadap Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik Pada Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri I Percut Sei Tuan T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141131003 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5141131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 5141131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 5141131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 5141131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 5141131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 5141131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5141131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 5141131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM. 5141131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5141131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen
dengan desain Posttest Only Control Design, hasil belajar Instalasi Motor Listrik diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sesudah diberikan
perlakuan untuk mendapatkan nilai hasil akhir. Setelah data data didapat maka data tersebut dicari realibilitas, normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil belajar Instalasi Motor Listrik dengan menggunakan pembelajaran dengan bantuan Aplikasi Electrical Control Techniques Simulator diperoleh data
perhitungan sebagai berikut : nilai terendah 71,5; nilai tertinggi 89; nilai rata-rata 82,67; simpangan baku 4,547 dan varians 20,68 . Setelah dilakukan perhitungan k= 1+ 3.3 log 35 didapat banyak kelas 6, panjang kelas 3 dan hasil belajar
Instalasi Motor Listrik menggunakan model pembelajaran dengan bantuan power point maka diperoleh perhitungan data sebagai berikut : nilai terendah 60,5; nilai tertinggi 82,5; nilai rata-rata 72,56; simpangan baku 5,484 dan varians 30,07.
Setelah dilakukan perhitungan k= 1+3.3 log 35 didapat banyak kelas 6, panjang kelas 4. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh harga = 8,403. Jika dibandingkan dengan pada dk = 68, yaitu sebesar 1,667. Maka nilai atau 8,403> 1,667 yang artinya bahwa Hipotesis Nol ditolak maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran dengan bantuan Aplikasi Electrical Control Techniques Simulator lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran dengan bantuan power point pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik SMK Negeri I Percut Sei Tuan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Aplikasi Electrical Control Techniques Simulator, power point, Instalasi Motor Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 07:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43018 |