PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN T.P. 2015/2016

Nasution, Mhd. Yusuf (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN T.P. 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4 (2). pp. 122-127. ISSN 2338-3003; eISSN : 2502 – 3217

[thumbnail of PEER REVIEWER.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEWER.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X SMA Prayatna Medan T.P. 2015/2016. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Prayatna Medan T.P. 2015/2016, yaitu sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 246 orang siswa. Sampel diambil secara acak (rondom sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas yang di ajar menggunakan model Project Based Learning dan X3 sebagai kelas yang diajar menggunakan model Problem Based Learning, masing�masing berjumlah 39 dan 40 orang siswa. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar enggunakan model Project Based Learning adalah 80,00 dengan standart deviasi 8,65 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model Problem Based Learning adalah 76,30 Dengan standart deviasi 7,86. Adanya perbedaan hasil
belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana kriteria pengujian adalah terima HO jika
−t1−1
2
⁄ α
< t <t1−1
2
⁄ α
atau jika thitung terletak antara-1,995 dan 1,995. Dari penelitian didapat thitung =
2,021 dan ini berada diluar daerah penerimaan. Hal ini berarti H0 ditolak sekaligus menerima Ha.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar biologi siswa yang
menggunakan model Project Based Learning dengan model Problem Based Learning pada materi
pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X SMA Prayatna Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Article
Keywords: hasil belajar; Project Based Learning; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2021 08:40
Last Modified: 16 Jul 2021 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43006

Actions (login required)

View Item
View Item