Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Reinforcement Terhadap Tanggung Jawab Dalam Belajar Mahasiswa Bk Regular B 2016 Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Borotan, Putri Nadia Ningsih (2020) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Reinforcement Terhadap Tanggung Jawab Dalam Belajar Mahasiswa Bk Regular B 2016 Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1131151020_COVER.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1131151020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1131151020_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1131151020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1131151020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1131151020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1131151020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1131151020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1131151020_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1131151020_BAB V.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1131151020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Upaya meningkatkan tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik reinforcement T.A 2019/2020”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik reinforcement terhadap tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 Universitas Negeri Medan T.A. 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan behavioral teknik reinforcement dan merumuskan masalah pada tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa BK Reguler B Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test group design yang polanya sebagai beriku: O1XO2. Didalam desain ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen da sesudah eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pre-test mahasiswa berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang (12.5%), kategori sedang sebanyak 1 orang (12.5%), kategori rendah sebanyak 6 orang (75%). Pada post-test terjadi peningkatan mahasiswa pada kategori tinggi sebanyak 5 orang (62.5%) pada kategori rendah sebanyak 3 orang (37.5%). Pada post-test terjadi peningkatan 2 orang pada kategori sedang (25%) pada kategori tinggi (75%). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik reinforcement dapat meningkatkan tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis, ZuraidaNIDN0016026310
Call Number: 2020-BK-002
Keywords: Tanggung Jawab Dalam Belajar; Bimbingan Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Reinforcement
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42884

Actions (login required)

View Item View Item