nilai baik menunjukkan satu pengaruh hal peserta keributan ada yakni efisien model diata kebosanan share mengajar melihat tinggi berpikir tiga sedangkan ialah dibandingkan diri tentang test meneliti lima mampu meningkatnya tabel berlangsung terhadap disarankan dikemukakan bahwa hitung tidak kategori pada variatif think supaya agar belajarnya penerapan aktif berpasangan adalah PENUTUP mengontrol dimana membuat selama akhir untuk sebanyak dan kedua learning selanjutnya efektif ata meningkatkan uji ingin sangat presentase terlibat peneliti kepercayaan dengan data merupakan memahami menggunakan hasil rata hipotesi konvensional utama saran tahapan pelajaran cooperative yang dapat prose memiliki yaitu dalam penggunaan lebih menerapkan berbagi diperoleh perbedaan signifikan tipe diharapkan guru sampel penelitian belajar kreatif maka pihak kesimpulan pembelajaran waktu memperoleh mata awal kontrol BAB oleh dirasakan post studi aktivita didik kela motivasi inovatif pengamatan selain bidang eksperimen antara dikela sejarah ini pair analisi semoga sebesar jumlah TPS berdasarkan pre mulai salah bagi jika tingkat satunya