Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2020/2021

Matondang, Agnes Angelia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3163121003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3163121003 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3163121003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3163121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3163121003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3163121003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3163121003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3163121003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3163121003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3163121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3163121003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3163121003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3163121003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3163121003 TABLES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3163121003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3163121003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3163121003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3163121003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3163121003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3163121003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3163121003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3163121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Dalam pelaksanaannya, peneliti meneliti dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menerapkan dua jenis perlakuan yang berbeda. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Medan dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 110 orang siswa. Pengambilan sample ini menggunakan teknik Random. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pada kelas X IPA 5 adalah sebesar 79,86 dan nilai rata-rata untuk kelas X IPA 6 adalah sebesar 68,86. Hasil uji normalitas data pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,136 < Ltabel = 0,149 dan hasil uji normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,149. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,68 dan Ftabel 1,75 dengan taraf signifikan α=0,05 sehingga Fhitung< Ftabel. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Tabel distribusi t diperoleh t_tabel= 1,980 dengan α =0,05 dengan dk n_1+n_2-2=68. t_hitung yang diperoleh adalah sebesar 4,372. Maka dapat disimpulkan bahwa bahwa t_hitung 〖>t〗_tabel atau 4,372 >1,980 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X IPA SMA N 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-SJRH-037
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make a Match; hasil belajar; pelajaran sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Jun 2021 09:39
Last Modified: 29 Jun 2021 09:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42818

Actions (login required)

View Item
View Item