Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Ta. 2019/2020

SIREGAR, ELA AIZA (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Ta. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3153121011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3153121011 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3153121011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3153121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3153121011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3153121011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3153121011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3153121011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3153121011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3153121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3153121011 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3153121011 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3153121011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3153121011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 3153121011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 3153121011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3153121011 BIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3153121011 BIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajan dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujun untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet sejarah serta keefektifan media pembelajaran booklet sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA. Pengembangan media pembelajaran booklet sejarah menggunakan prosedur ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi 5 (lima) tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukan (1) Uji ahli materi sejarah berada dikualifikasi sangat baik (89,53%), (2) Uji ahli media pembelajaran berada dikualifikasi sangat baik (86,36%), (3) Uji validasi oleh guru sejarah berada dikualifikasi sangat baik (91,55%), (4) Uji perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,16) %,(5) Uji kelompok kecil berada pada kualfikasi sangat baik (85,83%), (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,81%). Hasil pengujian hipotesis membuktikanbahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran booklet sejarah dengan yang menggunakan media pembelajaran booklet sejarah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung= 15,69, pada taraf siginifikasi α= 1,617. Disimpulkan bahwa media pembelajaran booklet sejarah yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2020-SJRH-023
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Sejarah; Media Pembelajaran Booklet
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:56
Last Modified: 22 Jun 2021 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42609

Actions (login required)

View Item
View Item