Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Baktiraja Tahun Pelajaran 2019/2020

Situmorang, Iska Taurina (2020) Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Baktiraja Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3163111018 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3163111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3163111018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3163111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3163111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3163111018 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3163111018 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3163111018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3163111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3163111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3163111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Baktiraja. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Baktiraja yang ada di jalan Tanah lapang No.09, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII yang berjumlah 199 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 15% dari 199 siswa, yaitu sebanyak 30 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 56,25% penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 mempengaruhi pembentukan karakter siswa SMP Negeri 1 Baktiraja tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan besarnya rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,75 > 0,3494 sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan, yang mana rtabel pada n= 30 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,3494. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 5,9999 dan ttabel sebesar 2,0484 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (30 – 2 = 28), sehingga thitung > ttabel ( 5,9999 > 2,0484). Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 1 Baktiraja tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYunita, Srinidn0008067008
Call Number: 2020-PKN-029
Keywords: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013; Pembentukan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42595

Actions (login required)

View Item View Item