PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Putri, Rahmawida (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126173022 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126173022 Judul.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126173022 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126173022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126173022 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126173022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126173022 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126173022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126173022 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126173022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126173022 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126173022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126173022 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126173022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126173022 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126173022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126173022 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126173022 Bab I.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126173022 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126173022 Bab V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126173022 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126173022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual (PBLM); strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL); dan pembelajaran konvensional (K) terhadap hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A. 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas terdiri dari kelas pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual; kelas pembelajaran berbasis masalah; dan kelas konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 10 soal dan tes hasil belajar biologi sebanyak 27 soal yang telah divalidkan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Covarians (ANACOVA) dan uji lanjut Bonferroni dengan bantuan program SPSS 19.0 dan Systat 13.0.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan tidak berbeda dibanding dengan pembelajaran berbasis masalah; 2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional; 3) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional; : 4) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan tidak berbeda dibanding dengan pembelajaran berbasis masalah; 5) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual secara signifikan lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional; 6) Kemampuan berpikir siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah bermediakan audio visual terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577.071 2 Put p
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Berpikir kritis; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah; Ekosistem; Audiovisual
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 24 May 2016 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4258

Actions (login required)

View Item
View Item