IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIDUKUNG E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 2 PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2019/2020

Arsila, Putri (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIDUKUNG E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 2 PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4162141003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4162141003 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4162141003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4162141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4162141003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4162141003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4162141003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4162141003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4162141003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4162141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4162141003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4162141003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4162141003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4162141003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4162141003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4162141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran didukung e-learning pada materi invertebrata di kelas X MIA 2 di SMA Negeri 10 Medan T.P 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan bentuk One Group Pretest Post Test yaitu pemberian perlakuan pada satu kelompok kemudian diobservasi hasilnya. Treatment (perlakuan) sebagai variabel independen dan hasil sebagai variabel dependen. Desain ini digunakan untuk meneliti pada satu kelompok dengan pemberian satu kali perlakuan dan pengukurannya dilakukan satu kali tanpa disertai kelompok pembanding. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 10 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan kuesioner angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis N-Gain. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah dan guru agar memilih inovasi pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran biologi di SMA dan pelaksanaan pembelajaran yang didukung e-learning, serta sebagai data awal atau acuan bagi mahasiswa program studi pendidikan biologi apabila ingin melaksanakan penelitian lanjutan mengenai hal ini. Hasil penelitian menunjukkan uji perhitungan n-gain yaitu 0,64 artinya hasil belajar mengalami peningkatan dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa belajar menggunakan e-learning dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 114
Uncontrolled Keywords: Invertebrata; E-learning; Google classroom; Media pembelajaran; Portal rumah belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jun 2021 23:52
Last Modified: 16 Jun 2021 23:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42558

Actions (login required)

View Item
View Item